Search

————— Armadillo Accounting ——————–

Software LENGKAP untuk kebutuhan managemen dan akuntansi (pembukuan) Toko Bangunan dan sejenisnya

Ingin menekuni bisnis toko bangunan ? inilah yang harus Anda Perhatikan

pipaPostingan kali ini bukan saya tulis untuk para pengusaha toko bangunan atau toko material yang sudah berjalan, akan tetapi bagi para CALON pengusaha toko bangunan atau toko material yang ingin menekuni usaha di bidang ini.
Kenapa saya bilang “menekuni”?, kenapa tidak saya katakan “mencoba menjalani”?
Karena memang salah satu kunci sukses dalam berusaha adalah ULET. Tanpa ini, bisnis Anda tidak akan bisa bertahan lama, tidak ada bisnis yang berjalan dengan mulus tanpa ada masalah, seberapa pun besar modal yang Anda punya. (Insyaallah)
Bisnis itu bukan pada tingkatan hasil yang akan di capai, akan tetapi adalah pada proses pengembangan bisnis itu sendiri. Sukses adalah parameter yang di buat orang lain untuk kita, bukan yang kita buat.
Tak ada level aman dalam bisnis, Anda harus tetap ulet dalam menjalani (atau menekuni) bisnis ini. “Only The Paranoid Survive” itu yang di katakan Andy Groove (CEO Intel).

Baik , demikian prolognya , mari kita bahas satu persatu kira-kira apa yang harus di persiapkan dalam sebuah bisnis toko bangunan

1. Ide Cemerlang
Tahukah Anda, bahwa sebagian besar orang awam bila mengatakan “akan memulai sebuah bisnis” yang di bayangkan adalah berapa tingkat keuntungan yang akan di peroleh atau berapa nanti untungnya . saat sudah di buka tokonya, yang akan beli nanti si itu dan si itu , tiap bulan penjualan akan naik sekian dan seterusnya.
Jarang sekali yang belajar (membayangkan) tingkat kesulitan apa saja yang ada di bisnis itu, dan persiapan persiapan apa saja yang harus di lakukan serta bagaiamana cara mengatasi jika datang masalah
Saran saya,… jangan lah jadi orang awam, Anda harus bener-bener mengerti bagaimana bisnis ini di jalankan, gali sedalam mungkin tentang masalah-masalah dan tingkat kesulitan yang ada di bisnis ini, semakin Anda bisa menggali lebih banyak , semakin bagus pemahaman Anda tentang bisnis ini dan semakin mantap pula niat Anda menggeluiti bisnis ini.

jika Anda masih tetap berniat menjalani bisnis ini meskipun Anda sudah tau tentang “gak enak nya” bisnis ini dan masih tetap “Nekat” berarti niat Anda sudah benar-benar bulat :-bd two tumbs up🙂

Berikut ada beberapa masukan untuk Anda, agar bisa mempertajam ide Anda sebelum memulai bisnis ini

a. Pencarian lokasi toko yang tepat
Pertimbangkan tentang budget, tingkat kunjungan dan lokasi yang “laris”

Budget adalah mengenai modal yang akan di gunakan untuk investasi pada pembuatan toko ,apakah akan menyewa tempat atau tanah milik sendiri yang akan di bangun sebuah toko.
Jika Anda membangun toko di lahan Anda sendiri, sedangkan budget Anda terbatas, saya sarankan untuk membangun bangunan “tumbuh”, artinya bangunlah se perlunya saja, jangan terlalu bsesar, sembari bisnis Anda berjalan, Anda bisa mengembangkan toko Anda. Menurut saya, hal ini selain baik bagi cash flow usaha Anda, juga baik di mata pelanggan (Kelihatan Bisnis Anda bertambah besar)

Penentuan lokasi juga perlu Anda pertimbangkan, misalnya akan lebih baik Anda membangun toko Anda dekat perumahan yang sedang tumbuh, atau lokasi toko Anda di tempat yang mudah terlihat oleh lalu lalang, kemudian pikirkan juga tentang lahan parkir

b. Metode marketing yang baik
Apakah Anda setelah mempunyai toko hanya menunggu pembeli yang datang? Bagaimana jika jarang ada orang yang berkunjung, apakah Anda punya terobosan lain untuk berjualan?
Berikut ada beberapa trik mengenai metode marketing yang dijalankan para pengusaha toko bangunan

– menggunakan jasa sales
sales adalah tenaga penjualan keliling yang menjajakan dagangan kita kepada pemakai langsung atau kepada toko bangunan lain yang levelnya lebih kecil dari kita. Dengan menggunakan cara ini, tentu saja Anda harus mengeluarkan biaya gaji dan komisi kepada sales yang bersangkutan (bagaimana menghitung komisi, akan saya tulis di postingan yang lain)

– Menggunakan jasa tukang bangunan
Barang dagangan kita sangat dekat sekali dengan yang namanya tukang bangunan, karena jika saya adalah orang yang sedang membangun rumah , maka konsultan pembelian barang saya adalah si tukang bangunan saya, nah dari sini sudah terlihat link metode marketingnya, jika si tukang banguanan adalah teman si penjual bahan bangunan maka otomatis dia akan menyarankan pembelian toko material ke toko kita.
Cari sebayak-banyak nya teman tukang di sekitar Anda, ini tidak mudah tapi layak untuk di jalankan

c. Pencarian supplier terbaik dan termurah
Di semua bisnis hal ini adalah salah satu hal yang harus di jalankan , akan tetapi tidak terlalu mendesak, Anda dapat belajar setelah menjalani bisnis ini, tetapi tetap hal ini harus terus di jalankan

2. Membangun TRUST
di binis apapun , sebenarnya Trust atau kepercayaan ini adalah yang nomer satu, saat Anda masih pemula (Newbie) di bisnis ini, yang pertama harus Anda lakukan adalah membangun jaringan yang kuat di bidang Anda, Anda harus menjadi dan membuktikan bahwa Anda adalah orang yang bisa di percaya, baik oleh supplier Anda maupun oleh pelanggan Anda.
Tahukah Anda bahwa sebenarnya semua bisnis itu adalah tentang pengembangan niali diri? saat Anda menjadi seorang yang bisa di percaya (Amanah), dimana Anda menjaga setiap janji yang Anda ucapkan, maka hal itu merupakan modal terbesar dari bisnis Anda, sebagai contoh (yang pernah saya baca) Andaikan semua uang yang ada di microsoft di ambil, maka bill gates akan tetap bisa membangun kembali bisnisnya, karena memang bisnis itu sudah melekat pada si pendiri

3. Modal
Modal bukan urutan yang petama, meskipun sebagian banyak orang mengatakan modal adalah yang utama
Modal memmang penting, akan tetapi, Modal berapapun, jika Anda tidak memperhatikan hal-hal diatas , maka Anda akan tetep aja gulung tikar.😦

Catatan:
Seribu satu alasan bisa Anda buat untuk kegagalan Anda,
tidak ada yang terbaik,
pilih salah satu dan pecahkan.

Buat koneksi , dan carilah supllier yang bisa menaruh barang ke toko kita tanpa kita harus mengeluarkan kas, banyak toko besar yang ingin melakukan itu , jika Anda seorang yang bisa di percaya (Trusted)
Jika berhasil, hal ini akan mengurangi banyak modal yang harus Anda keluarkan untuk persediaan awal

Selamat ber wirausaha

tokomateial.worpress.com


40 Comments on “Ingin menekuni bisnis toko bangunan ? inilah yang harus Anda Perhatikan”

  1. hasanuddin says:

    Lebih bagus mana, jualan material bangunan atau material finishing bangunan. Thank’s

    • Radian Blogging Team says:

      sama sama bagusnya pak🙂, tingall dilihat dari sudut pandang mana kita melihat

    • memet says:

      klo saya mau buka TOKO CAT kalau perlu beserta alat catnya juga hehehe

      semoga terkabul amin …

  2. pupun says:

    butuh modal berapa pada saat memulai usaha toko bangunan?karena saya ingin sekali memulai usaha ini, namun terkendala di modal yang kelihatannya tidak sedikit. terima kasih, mohon penjelasannya

    • Radian Blogging Team says:

      Pak/ Bu Pupun
      modal usaha ya🙂 ,
      kayaknya istilah terkendala modal dalam memulai usaha itu sebuah pernyataan klise ya🙂
      contohnya gini
      jika ada pertanyaan “modal awal nya dari mana?” , misal kita ke bank untuk cari pinjaman
      “abaikan” bahwa Anda perlu jaminan, maka kemungkinan pertanyaan dari Bank sebagai pengucur dana (modal) adalah sebagai berikut :
      1. sudah punya pengalaman berapa lama di bisnis ini , sehingga begitu yakin bahwa bisnis ini akan sukses ?
      2.lokasi tokonya nanti di mana? kenapa disitu? apakah prospeknya bagus? tanahnya milik sendiri sehingga modalnya untuk mbanun toko nya aja
      atau masih harus sewa ? berapa estimasi biayanya jika mbagun sendiri? berapa jika sewa? sampai kapan? kenapa sewanya segitu lama? bagaimana analisanya?
      3. bagaimana metode marketingnya? punya berapa metode marketing? bagaimana tingakt persaingan?
      4. berapa target omsest dan keuntungan bersihnya? bagaimana jika meleset? (ini udah mengarah ke jaminan)
      dst dst
      jadi , jika kalau udah semua di pikirkan, saya kira untuk keperluan suntikan modal awal ,tinggal di presentasikan aja🙂
      ke penyalur dana ( tidak selalu bank , bisa lembaga lain, temen atau saudara)
      semoga suskses

  3. pupun says:

    otak saya sering buntu…apabila berhadapan dengan kata “modal usaha”, darimana dan bagaimana mendapatkannya?

  4. ilham says:

    modal yang paling utama adalah jujur, amanah, tablig, n fatonah,,..usahakan modal jangan minjam..klobisa lihat apa yang kita punya,,,,klo bisa di tukar dengan modal yang kita butuhkan….karena kebanyakan orang tidak cukup tangguh menghandapi pemulangan pinjaman…dan justru mempunyai efek memperlambat putaran keuangan yang ada pada usaha anda…kira…kaya gitu kali..ya…?

  5. ilham says:

    gan…klo donwload shofwer armadillo free dmn yaaa?

  6. Andi says:

    Bagaimana mengenai pajaknya ?
    Terimakasih atas masukannya

  7. Radian Blogging Team says:

    hmmm …pajak ya Mas Andi, pertanyaan bagus.
    dan karena sangat bagus pertanyaannya, nanti jawabannya via postingan artikel baru aja deh, yang membahas khusus tentang pengaplikasian pajak di bisnis ukm
    mulai dari kapan, tingkatan dan berapa seharusnya kita membayar pajak… ditunggu yaa..

  8. These are actually impressive ideas in regarding blogging.

    You have touched some fastidious things here. Any way keep up
    wrinting.

  9. JOKO PURWANTO says:

    Bagus sekali,sangat membantu seperti saya yg akan buka toko bangunan…

  10. ragil says:

    apakah lokasi harus di dalam kota yg dekat perumahan,atau keramaian? jika lokasi di pinggiran kota menurut anda bagaimana?apakah masih bisa prospek?

    • Radian Blogging Team says:

      salam sukses pak Ragil,
      menurut kami lokasi tidak selalu harus dekat perumahan atau keramaian. tetapi memang Anda HARUS punya sebuah analisa mengenai kemungkinan pelanggan datang, jika metode penjualan Anda menggunakan metode “menunggu pelanggan”. tapi jika Anda menggunakan metode “jemput bola” yaitu dengan menggunakan tenaga sales, maka lokasi di dalam kota tidak begitu perlu, karena dengan mendirikan di pinggir kota kemungkinan toko Anda bisa dibangun lebih luas dengan budget yang sama.
      semoga bisa membantu…

  11. abu amar says:

    untuk modal alhamdulillah sudah ada walau nominal gak terlalu besar..soalnya untuk ukuran besar kecil modal gak ada batasnya…tp yang msih saya pikirkan sya belom begitu ngehh tentang bahan bangunan..gimana solusinya bro?yang jelas sya pgen menekuninya,,,thanks..jazakillah khoir..

  12. tomy says:

    Mas,saya udh jalanin 5 tahun bisnis ni,cm hasilnya tidak memuaskan,kalo lokasi ok tp ad 13 toko besi di daerah ini,anehnya toko-toko yg lain bisa maju dan berkembang pesat,sedangkan saya tidak?apa yg salah ya?mohon sarannya apakah terus tekunin bisnis toko ini apa mencoba ganti bisnis yang lain,pikiran saya sedh benar2 buntu,terimakasih atas bantuannya..salam

    • Radian Blogging Team says:

      salam sukses pak
      rumput tetangga selalu lebih hijau🙂
      belum tentu yang keliatan sukses , bener2 sukses seperti bayangan pak Tomy.

      berkembang pesatnya bisnis di liat dari nilai keuntungan (laba) yang di dapat toko setiap bulannya naik apakah tidak

      kalau di lihat dari besarnya toko (asset) belum tentu itu bener2 berkembang.
      siapa tau hanya mendapat kucuran dana (hutang). jadi meskipun keliatan besar tapi utangnya juga membengkak

      dalam setiap bisnis (apapun) ada istilah never ending inovation
      “inovasi tiada henti” kayak motto nya suzuki
      jadi kalau sudah 5 tahun saya kira harusnya bisnis pak Tomy sudah jalan

      masa kritis bisnis itu 2 tahun , kemudian 5 tahun
      setelah itu harusnya berkembang terus

      jadi kata siapa pesaing tokonya pak Tomy sudah bisa jalan sendiri bisnisnya
      mereke juga terus mikir inovasi kok😀

      tetep semnagat pak tomy

  13. Sigit says:

    Salam. Senang sekali bisa mendapatkan ilmu usaha dibidang meterial ini, tapi yang real ingin sya tanyakan berapa modal yang kita butuhkan ?

  14. Radian Blogging Team says:

    salam sukses pak Sigit
    modal awal untuk bisnis ini kami pikir tidak bisa di nilai dengan berapa besaran rupiahnya
    karena variasi besarnya rupiah bisa bermacam2 sesuai dengan keadaan awalnya
    akan tetapi, ada beberapa patokan yang bisa di jadikan indikator menghitung nilai rupiahnya
    diantaranya :

    1. Anda harus sudah ada tempat + bangunan toko
    variasi nilai rupiah dari faktor ini adalah:
    – tempat sudah milik sendiri atau masih sewa
    – sudah ada bangunannya apa belum
    – bangunan tokonya perlu di renovasi atau sudah siap pakai

    2. Rak dan etalase untuk menyimpan barang
    bentuk , bahan dan besarnya rak tergantung dari tampat bangunan yang anda punya

    3. Kendaraan pengiriman
    karena sembakonya bahan bangunan adlah semen dan sejenisnya, maka idealnya anda punya armada pengiriman. ini bisa menggunakan jasa luar atau anda memiliki sendiri kendaraan kirim

    4. minimal 3 tenaga awal
    1. bagian penjualan
    2. bagian pengiriman (sopir)
    3. bagian tenaga angkut / angkat

    bisa anda kerjakan sendiri atau pakai tenaga karyawan

    5. Modal kerja awal
    beli semen , paku , beberapa cat dll
    jumlah nya relatif sesuai dengan tempat ANda
    setelah jalan , nanti bisa pakai system konsinyasi atau bayar mundur

    demikian penjelasannya
    semoga bisa membantu
    Salam sukses
    tetep semangat

    Radian team

    • rofi says:

      Sbg bhn perbandingan dari saya, modal 150 juta cukup dan selebihnya adalah MODAL NEKAD. Sy tlah membuktikan bahkan kurang dari itu. Yg terpenting dlm membuka toko bahan bangunan adalah mengetahui dan mengenal produk primer bahan bangunan, berapa harga jualnya. Setelah itu belajar dan mengenal produk sekundernya.

  15. Doni osmond says:

    Saya mau buka toko bangunan di lombok, apa apa saja yang pokok untuk di jual dan berapa persen kita mengambil keuntungan. Tolong kasih saya info untuk suplier toko bangunan ? Terimakasih atas jawabannya

    • barang pokok seperti : semen , paku, kayu, cat,triplek dan sanitary. jangan terlau banyak mengambil keuntungan untuk barang2 ini. ambil keuntungan untuk barang2 variannya.
      kira2 begitu pak.. sukses untuk tokonya

  16. budi says:

    selamat sore saya ada pertanyaan
    apa yang harus dilakukan sebagai orang awam yang belum mengenal macam macam barang bangunan tapi berencana untuk membuka usaha bahan bangunan? bagaimana saya dpt menguasai barang2 tersebut? terima kasih

  17. Heriyanto says:

    Saya memulai toko bangunan dengan modal 35jt itupun sudah dipotong beli etalase rak.dengan modal minim saya hanya bisa menyediakan paku paralon dan sejenisnya yg kecil2 istilahnya ricik an.setelah dibuka banyak orang nembeli tp kesediaan barang ngak ada.orang mau beli cat ngak ada adanya cuma paku alat2 listrik paralon.saya bingung mau pinjam modal ke bank saya belum siap jadinya toko saya sementara hanya itu2 aja.gimana solosinya gan….

    • salam sukses pak Heriyanto
      mohon maaf sebelumnya agak slow respond.
      modal 35 jt di potong etalase mungkin memang terlau kecil ya pak..
      untuk saran solusinya dengan modal kecil tersebut mungkin harus di buat
      stock barang yang sedikit2 tapi variasinya banyak.
      tidak usah punya stock banyak di satu barang, meslkipun kita dapatnya sangat murah
      karena untuk awal usaha dan mencari pelanggan, sebisa mungkin kita setting toko kita
      selengkap yang kita bisa
      minimal sedikit-sedikit untuk sembako nya toko bangunan
      misal : semen, paku , cat ,kayu dll
      mungkin begitu
      semoga bisa membantu

  18. H. Imam Mashudi says:

    bismillahirrohmainrrohim. doa dan supportnya ya pak. ini sudah tahap finishing dlm pembuatan toko bangunannya. alhamdulillah. tinggal ngisi tokonya dan alhamdulillah ada beberapa suplayer yang sudah percaya dengan kami. soupport dan doanya pak amin

  19. Dade Kurniadi says:

    selain IMB… Syaratnya apa saja si untuk membuka usahan bahan bangunan dan kemana kita harus mengurusnya

  20. Ya memang kalo yang namanya usaha ada resiko nya, berani ambil resiko bukan berarti sembrono, namun mengambil resiko yang sudah diperhitungkan sebelumnya dengan matang🙂

  21. Logam Baru says:

    Butuh suplay untuk toko bangunan Anda atau ingin menambah produk di toko Anda agar lebih lengkap, hubungi kami, kami adalah produsen berbagai peralatan dari logam seperti Palu Bodem martil ataupun bahan material yang lainnya

  22. Sari wi says:

    Saya sudah menjalani usaha toko besi dan bangunan selama 7thn. Dibilang sepi pembeli ya ngga juga…tapi kenapa Ko uang ga bisa kesimpen..slalu nombok aja…mohon penjelasannya ya pak


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s