Search

————— Armadillo Accounting ——————–

Software LENGKAP untuk kebutuhan managemen dan akuntansi (pembukuan) Toko Bangunan dan sejenisnya

Inilah Rahasia Cara Meningkatkan omset toko bangunan dengan menerapkan Strategi harga yang jitu

OLYMPUS DIGITAL CAMERAWell.. pada postingan kali ini saya ingin berbagi pada Anda tentang sedikit pengetahuan saya mengenai strategi penentuan harga (jual) pada toko bangunan.
Berjualan barang-barang di toko bagunan menurut saya tidak sekedar membeli barang dengan harga sekian, dan di jual dengan harga “sedikit” di naikkan saja, tetapi sebenarnya metode menaikkan harga jual itu, ada strateginya.
Berikut ada beberapa point yang bisa sedikit di jadikan acuan dalam menentukan harga jual di toko bangunan

Ingat, Management pricing adalah seni
Kubur jauh-jauh anggapan bahwa berjualan di toko bangunan hanya masalah memberi bandrol harga jual, kemudian menunggu pembeli datang
Ingatlah bahwa management pricing adalah seni, atau bisa saya ilustrasikan begini,
Jika Pelukis Punya Kuas, Pemusik Punya gitar, Pematung punya pahat, maka Pemilik toko punya harga jual🙂
Sebagai seorang pengusaha toko bangunan, tidak hanya pelayanan yang ramah pada pelanggan, pencarian pemasok yang terpercaya, dan management persediaan yang baik, akan tetapi penentuan harga jual yang tepat , juga merupakan pekerjaan yang harus Anda jalankan dan nikmati di dalam bisnis toko bangunan Anda

Jangan menyamaratakan prosentase kenaikan harga jual pada semua barang
Karena management pricing adalah seni, maka dalam menentukan harga jual, Anda tidak boleh asal. Anda harus punya analisa yang tepat untuk setiap harga jual yang akan Anda bandrol pada barang-barang yang Anda jual
Setiap barang yang ada di toko Anda, bisa dan harusnya mempunyai nilai jual atau tingkat perolehan keuntungan yang berbeda-beda


Laporan di armadillo accounting, untuk mengetahui prosentase keuntungan masing-masing barang

Sebelum lebih jauh saya membahas kenaikan harga jual ini, tahukah Anda bagaimana menghitung prosentase kenaikan harga jual tersebut?
Harga jual tersebut di bandingkan dengan harga beli ataukah dengan harga pokok penjualan (HPP) ? , (HPP? Apalagi HPP itu? )
Baik, sebelum lebih jauh membahas ini,saya ingin sedikit menjelaskan tentang yang saya maksud margin keuntungan pada laporan diatas. Margin diatas di peroleh dari perbandingan kenaikan antara harga jual dengan harga pokok penjualan (HPP) , jadi bukan dengan harga beli

Catatan:
Setiap program penjualan atau akuntansi inventory yang baik, selalu mempunyai nilai HPP selain harga beli dan harga jual di setiap barang (jika menggunakan metode perpectual)

Saya tidak akan menjelaskan secara detail tentang perhitungan HPP dan metode perpectual di postingan kali ini, karena akan banyak memakan tenaga dan pikiran untuk membacanya (juga menulisnya :))

Metode perhitungan HPP di armadillo accounting menggunakan metode Average (rata-rata).Harga beli dan HPP tidak selalu sama untuk setiap barang, kadang lebih besar, kadang lebih kecil. Seorang manager yang baik akan selalu memantau nilai prosentase harga jual ini.
Di bagian belakang (back office) manager mengedit harga jual, sedangkan di bagian depan / front office, (dengan menggunakan LAN) bagian penjualan melakukan penjualan dengan harga yang sudah di olah oleh manager di belakang. Dengan kerjasama ini, diharapkan akan memperoleh keuntungan yang optimal (bukan maksimal), karena kalau hanya memikirkan laba sesaat (maksimal), belum tentu pelanggan yang beli hari ini akan kembali lagi ke toko kita.Butuh kebijakan manager dalam menentukan harga jual.

Tampilan di armadillo accounting untuk mengedit harga jual

Jalankan teori “Nggendong indhit “ (: jawa)

Nah, setelah Anda memahami bahwa menentukan harga jual adalah seni, sekarang kita akan memperlajari point-point apa saja yang bisa di jadikan acuan dalam menetukan harga jual di toko bangunan.

Anda tau arti istilah nggendong indhit? Terus terang… saya juga tidak tahu🙂
(PS: Pingin lebih jelas, tanya pada master nya … Mbah Surip … he he he …just kidding)

Tapi … Any way… yang di maksud dengan istilah itu adalah:
Menentukan prosentase untung yang tidak sama pada semua barang ,yaitu membuat barang dengan frekwensi penjualan laris di jual dengan murah atau bahkan tidak untung, sedangkan barang lainnya (kelarisan nomor 2) di jual dengan harga yang cukup mahal (untung banyak).

Barang yang sangat LARIS, di jual dengan harga MURAH (untung sedikit, atau tidak sama sekali) ini dimaksudkan untuk mendongkrak penjualan barang-barang dengan “tingkat laris” penjualan nomer dua. Barang-barang di level 2 ini bisa di buat mempunyai nilai keuntungan lebih tinggi. Dimana barang-barang di level 2 ini jarang sekali di bandingkan oleh pelanggan, tetapi hanya sebagai suplement untuk pembelian barang –barang terlaris (level 1) tadi.

Sebagai contoh, kita menjual triplek dengan harga murah, akan tetapi paku triplek kita menjual dengan mengambil keuntungan lebih banyak, atau cat pada thiner dan lain sebagainya.
Varisasi barang nomer satu dan nomer dua ini, berbeda-beda untuk masing-masing toko bangunan, gunakan laporan penjualan Anda untuk menganalisanya.
Teori ini sebenarnya banyak di praktekkan juga di bentuk bisnis yang lain
Contoh usaha minimarket untuk barang sembako dan non sembako atau makanan utama pada minuman. Dan juga teotri ini digunakan hampir di semua bisnis perdagangan

Jual barang fast moving dengan harga murah
Sebagai lanjutan dari teori diatas, biasanya kita menjual dengan harga murah untuk barang-barang yang fast moving (barang cepat laku), barang-barang ini (harus) kita jual lebih murah karena biasanya di gunakan sebagai pembanding bagi pembeli untuk melihat, apakah barang di tempat kita lebih mahal atau lebih murtah di bandingkan tempat lain.
Untuk barang-barang fast moving ini kita bisa menerapkan teori ambil untung sedikit, tapi diharapkan mempunyai frekwensi penjualan yang banyak. Dan untuk melihat barang apa saja yang termasuk barang fast moving, bisa di lihat di laporan armadillo accounting “Laporan frekewensi penjualan terbanyak”

Daftar barang fast moving (best Buy)

Jangan selalu mengobral barang slow moving kecuali terpaksa

Banyak sebab yang bisa membuat barang kita menjadi slow moving, tidak selalu penyebabnya adalah harga yang terlalu mahal. Beberapa sebab diantaranya adalah sebagai berikut
1. Merupakan barang yang yang sudah tidak trend lagi
2. barang tersebut tidak cocok dengan selera sekitar
3. barang tersebut trend nya terlalu maju atau belum menjadi trend di daerah Anda

Pada saat di toko Anda terdapat barang slow moving, maka Anda tidak selalu harus menerapkan penjualan murah untuk barang tersebut, meskipun dengan penjualan murah, di harapkan perputaran cash flow Anda bisa lebih lancar.
Barang slow moving bisa jadi di jual mahal saat memenuhi kriteria berikut:
1. tidak punya kadaluarsa
2. merupakan barang antik
3. tidak ada versi terbarunya dan
4. teknologinya masih bisa di pakai oleh pelanggan

jika barang Anda mempunyai kriteria itu , maka bisa saja Anda mematok harga yang relatif mahal untuk barang tersebut, dengan harapan masih ada pelanggan yang mencari barang-barang “antik” tersebut

Software Armadillo Accounting

Software Armadillo Accounting

sekali lagi, seperti halnya pada postingan-postingan sebelumnya , postingan kali ini juga bisa kami katakan hanya sebuah teori yang tidak 100% benar, dan tidak serta merta bisa di terapkan langsung ke dalam toko Anda. Postingan ini hanya sebagai pembuka wacana Anda dalam menjalankan bisnis ini.

So, selamat menikmati “price labeling” pada barang –barang Anda and Happy Armadilling ….
Salam Sukses


22 Comments on “Inilah Rahasia Cara Meningkatkan omset toko bangunan dengan menerapkan Strategi harga yang jitu”

  1. Ayi says:

    Terima kasih Pak atas infonya, sangat bermanfaat buat Saya, yang bercita2 membuka usaha bahan bangunan….

  2. rifan says:

    sip mantab infonya..

  3. khoiri says:

    trims infonya, jujur saya berniat membuka toko bangunan, saya sudah punya tempat yang strategis di wilayah pacet mojokerto. dan sudah dalam proses renovasi, tapi sampai saat ini saya belum ada dana yg mencukupi u membuka usaha toko bangunan, bagi saudara yang mempunyai dana nganggur dari p[ada di titipkan di bank yg mengandung riba & tdk berkah, saya tawarkan kerjasama yg insya Allah berkah dan menguntungkan. CP : khoiri (085649325047)

    • Radian Blogging Team says:

      wah mantap pak, kalau bisa gambarnya di upload di facebook pak, di “komunitas pengusaha muda toko bangunan” biar temen2 bisa liat. sapa tau ada yang mau invest, salam sukses

  4. ilham says:

    manstab…intinya untung rugi atau seri ada waktunya….yang menyebabkan kita dalam kondisi tetap untug

  5. Dian says:

    Postingan yang sangat bermanfaat:-)

  6. abdul rahman says:

    slm..share donk. sy sdang mjlnkan usaha bahan bngunan. sdh krg lbih 2th, saat ini usha sya mengalami pnurunan, apa yg hrus sy lakukan. sy menyetop dlu supply brg2 dr sales. sy ingin cba mbyar dlu taghan tggl ke 3 sales. apa ini kep baik yg sy ambl, smntra brg2 dtoko sy ada bbrpa yg ksong. sy jg blm mmpunyai kendaraan op sndri, slma ini mnumpang pd ortu sy. trmksh smga bknan mbntu sy

  7. tb hiro says:

    Terimakasih infonya,,,
    Salam sukses

  8. keren pak artikelnya,,,salam kenal😀

  9. sriyanto says:

    Dlm waktu dkat ini saya akan buka toko bangunan,kbtulan saya punya toko yg sngt strategis,skrng baru tahap renovasi tmpat,prtanyaan saya bagaimana cara mendapatkan suplayer barang yg tepat dan lbih menguntungkn.mungkin agan2 pnya supplyer di skitar kota solo,mohon infonya dan pencerahan

  10. candra says:

    Saya mau pensiun, sisa barang mau dijual murah. Ada yang minat. Di jakarta barat, cengkareng. Hp 081213985705

  11. ali musadat says:

    bagus bgt infonya pak…klo boleh minta tmbhn info gmn caranya membuka toko matrial triplek tapi modal ga banyak pak?untuk info aja bahwa saya adalah kontraktor interior yg nota bene selalu berhubungan dgn triplek/toko triplek,tapi mau nanya ga pernah bs dpt jawabanyg memuaskan,mhn infonya ya pak…tq

  12. saya sdh imel n sms saya sangat perlu/membutuhkan kan sofware nya pak terimakasih

  13. uzul says:

    pak sybisa psen soft warenygmn crny

  14. adi says:

    Saya pernah hub ke sales atau kantor nya koq responnya kurang profesional..
    Sampai skrg ga ada fu nya…lagi..

    • mohon maaf pak Adi
      ini pak Adi sidoarjo (rombongan) yang datang ke kantor kami diskusi panjang lebar kemarin ?🙂 atau pak Adi yang lain ?
      pak Adi hunbungi ke kantor pusat kami di malang atau hubungi reseller kami? di jam kerja? di terima oleh pak atau bu siapa? silahkan tinggal kan no hp di sini pak, Insya Allah team kita akan segera memfollow up.. sukses buat tokonya ya pak.. semoga kita berjodoh🙂

  15. addie says:

    Hub nya koq susah ya….mau minta demo nya ??
    Saya adi jakarta …..saya sdh hub pak sandy jadwalnya lagi sibuk, dan nmr simpati yg kantor mba widya sama 1 lagi ya namanya …lupa saya, juga blm ada respon nya lagi ya ….nmr saya 0812 8438 xxxx.

    Padahal saya bener’ terrtarik softwarenya ini untuk usaha dagang dan manufacture.

    • Terima kasih sudah menghubungi Radian System Consultant Pak Addie,,,
      Mohon maaf untuk fast response tim marketing dan tim support kami melayani di hari dan jam kerja Senin-Jumat pukul 08.00 s.d 16.30 WIB.
      Berdasarkan informasi dari Mb. Lia, admin marketing kami, ternyata Pak Addie mengalami kesulitan saat instalasi ya Pak, padahal seharusnya cukup mudah seperti di video tutorial kami https://www.youtube.com/watch?v=iXzNa3afAxE
      Namun karena P. Addie Tidak Bersedia untuk dibantu via remote desktop (teamviewer) maka kami hanya bisa janjikan untuk silakan diatur ketemuan dengan tim support kami ketika ada kunjungan ke client-client kami di wilayah Jakarta atau sekitarnya.

      SYAUQI HARIS
      Marketing Manager Armadillo Accounting Software
      HP. 0852 6689 6669 / WA. 0857 4966 5700
      email : haris[at]armadilloaccounting[dot]com

  16. zainuri says:

    bisa dikasih tips g,,
    saya rencananya mau buat toko bangunan tapi saya terkendala gmna caranya mencari supplier yang terpercaya yang ada di malang?
    bingung karena masih pemula dalam bidang bisnis ini. mohon dikasih pencerahan.

  17. Adi says:

    Sya tertarik sistem ini cuma smp skrg blm bisa ya saya demo sistemnya langsung…

    • syamsudin says:

      saya samsudin asal lampung, rencana insyallah mau buka TB . tpi saya masih awan dan ini bisnis awal saya..mohon bisa berbagi ilmu nya …saran untuk pemula usaha TB seperti saya….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s